Sub Bagian Umum dan Kepegawaian

Sub Bagian Umum dan Kepegawaian dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian, mempunyai uraian tugas sebagai berikut :

  • Menyusun rencana kegiatan urusan tata warkat, alat tulis kantor, perlengkapan dan/atau sarana prasarana kantor, kehumasan dan dokumentasi dan kepegawaian lingkup Dinas;
  • Menyusun Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) dan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) lingkup Sub Bagian;
  • Mmelakukan pencatatan dan pengisian buku/ register tentang: Standar harga barang/peralatan, Daftar pesanan barang, formulir pesanan, Pengadaan barang, penyerahan barang, Berita acara penerimaan barang, serah terima barang, Kartu inventaris barang, Buku penerimaan, pengeluaran barang, Buku penyerahan barang lingkup Dinas;
  • Melakukan dokumentasi kepemilikan barang milik Dinas;
  • Melakukan sensus barang milik daerah di Dinas sebagai bahan penyusunan Buku Inventaris dan Buku Induk Inventaris barang milik Pemerintah Daerah;
  • Mendistribusikan perlengkapan dan keperluan alat tulis kantor di lingkungan Dinas;
  • Menganalisa dan menyusun usulan penghapusan aset Dinas;
  • Menyusun bahan pengajuan penetapan status untuk penguasaan dan penggunaan barang milik daerah yang diperoleh dari beban Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan perolehan lainnya yang sah;
  • Melakukan pencatatan dan inventarisasi barang milik daerah yang berada dalam penguasaan Dinas;
  • Menyusun usulan pemindahtanganan barang milik daerah berupa tanah dan/atau bangunan yang tidak memerlukan persetujuan DPRD;
  • Menyusun laporan mengenai kebutuhan barang berdasarkan skala prioritas;
  • Menyediakan bahan dalam pelaksanaan tender/pelelangan/penunjukan langsung berkaitan dengan pengadaan perlengkapan dan bangunan;
  • Menyusun administrasi pembelian perlengkapan dan/atau sarana prasarana di lingkungan Dinas;
  • Menyusun dan mengklasifikasi data pembelian barang bergerak dan tidak bergerak di lingkungan Dinas;
  • Melakukan pengadaan/pembelian barang dan mempersiapkan kontrak dan berita acara sesuai ketentuan yang berlaku;
  • Menyusun rencana kebutuhan pemeliharaan barang Dinas;
  • Menyimpan, merawat dan memelihara barang/perlengkapan yang belum didistribusikan;
  • Melakukan kegiatan pemeliharaan barang/perlengkapan milik Dinas;
  • Melakukan kegiatan pemeliharaan gedung kantor Dinas;
  • Menyusun realisasi penggunaan barang/perlengkapan milik Dinas;
  • Memproses dan mengusulkan barang/perlengkapan yang layak hapus berdasarkan ketentuan yang berlaku;
  • Memfasilitasi pengadaan kendaraan bermotor Dinas;
  • Memfasilitasi pengurusan dan pembayaran pajak kendaraan bermotor dinas;
  • Melaksanakan penatausahaan surat menyurat Dinas meliputi pengaturan pengelolaan surat masuk surat keluar dan pengaturan pencatatan jadwal kegiatan Dinas dalam rangka kelancaran tugas;
  • Menyiapkan bahan kegiatan kehumasan dan dokumentasi Dinas;
  • Melaksanakan urusan administrasi kepegawaian lingkup Dinas antara lain:
  1. memproses kenaikan pangkat;
  2. memproses Kenaikan Gaji Berkala (KGB);
  3. memproses Daftar Urut Kepangkatan (DUK);
  4. data pegawai antara lain kartu pegawai (Karpeg), Kartu Suami/Istri, tunjangan anak atau keluarga, Jaminan Kesehatan, Jaminan Kecelakaan Kerja, Tabungan Pensiun, Tabungan Perumahan, Pensiun;
  5. memproses usulan formasi pegawai;
  6. memproses usulan izin belajar;
  7. memproses usulan izin pendidikan dan pelatihan struktural dan/atau fungsional;
  8. memproses penyesuaian ijazah;
  9. memproses usulan pemberian penghargaan dan tanda jasa;
  10. memberikan layanan Penilaian Angka Kredit (PAK) Jabatan Fungsional;
  11. menyusun bahan pembinaan disiplin pegawai;
  12. memproses usulan cuti pegawai sesuai aturan yang berlaku;
  13. memproses pemberian izin nikah dan/atau cerai;
  14. memproses usulan perpindahan dan/atau mutasi pegawai sesuai dengan peraturan yang berlaku;
  15. melaksanakan pengelolaan Sasaran Kerja Pegawai (SKP).